Perkembangan Gaya Arsitektur India

Perkembangan Gaya Arsitektur IndiaPerkembangan Gaya Arsitektur India merupakan hal penting dalam sebuah karya arsitektur, dengan perkembangan sejarah yang ada di India.

Arsitektur India selalu ingin tahu karena kemurahan hatinya dan kreasi artistiknya. Negara kita memiliki sejumlah besar monumen, bangunan bergaya barok dan modern yang menggemakan kisah-kisah di zaman mereka.

Tahukah Kalian bahwa di antara 830 Situs Warisan Dunia yang terdaftar oleh UNESCO, 26 termasuk dalam tanah India? India telah melihat sejumlah gaya arsitektur yang berkembang dalam perjalanan sejarah. Pada artikel ini, kami mencoba mengambil gambaran dari 9 gaya arsitektur India yang begitu menakjubkan.

Baca Juga Artikel kami Lainnya di Gaya Arsitektur Di Indonesia

Perkembangan Gaya Arsitektur India

1. Arsitektur Candi

Arsitektur kuil memiliki akar yang dalam di India. Ini telah berkembang di hampir semua wilayah di negara ini.

Meskipun asal-usul gayanya sama, kita dapat melihat perbedaan yang substansial dan ragam gaya arsitektur dalam konstruksi candi. Variasi ini terutama disebabkan oleh keragaman geografis, iklim, ras, etnis, bahasa, dan sejarah di India.

Secara garis besar, arsitektur candi India telah diklasifikasikan menjadi tiga tipe besar, yaitu; Nagara atau gaya utara, Vesara atau gaya campuran, dan Dravida yang merupakan gaya selatan. Semua gaya ini membawa pengaruh dan garis keturunan daerah mereka yang unik.

2. Arsitektur Mughal

Gaya arsitektur Mughal muncul dari perpaduan unik antara gaya arsitektur Islam, Persia, dan India. Gaya ini berakar dari abad ke-16 dan terus menjadi terkenal hingga awal abad ke-18.

Selama era ini, India diperintah oleh kaisar Mughal dan berkat gaya arsitektur ini; saat ini negara ini memiliki beberapa bangunan terindah seperti Makam Humayun, Makam Akbar, Fatehpur Sikri, Benteng Merah di Delhi, Masjid Jami Delhi dan Taj Mahal di Agra.

3. Arsitektur Kebangkitan Indo-Saracenic

Gaya arsitektur Indo Saracenic Revival merupakan perpaduan indah antara arsitektur India dan arsitektur Indo-Islam. Ia juga terkenal dengan gaya arsitektur Indo-Gothic, Mughal-Gothic, Hindu-Gothic, dan Neo-Mughal.

Gaya arsitektur ini mewarisi elemen eksotis dari arsitektur India dan arsitektur Islam serta memadukannya dengan gaya kebangkitan neo-klasik dan Gotik dari era Victoria Inggris.

4. Arsitektur Dravida

Gaya arsitektur Dravida muncul di wilayah selatan anak benua India ribuan tahun yang lalu. Struktur yang dibangun oleh penduduk asli Dravida, yang terutama disebut sebagai Kovil adalah contoh epik arsitektur Dravida.

Kovils ini bergantung pada batu berukir yang rumit. Bahan-bahan tersebut adalah kunci untuk membuat desain jenis tangga yang berisi banyak patung raja, dewa, penari, dan pendekar.

5. Arsitektur Kalinga

Arsitektur Kalinga berkembang pesat di wilayah kuno Kalinga. Gaya arsitektur ini masih dapat dilihat di negara bagian Odisha di India timur dan bagian utara Andhra Pradesh.

Yang paling menonjol, gaya arsitektur Kalinga terdiri dari tiga jenis candi yang berbeda, yaitu Rekha Deula, Khakhara Deula, dan Pidha Deula. Ciri-ciri yang beragam dari arsitektur Kalinga yang terkenal adalah; ketentuan arsitektur, konotasi sejarah, dan ikonografi, yang menghormati adat istiadat, tradisi, dan legenda yang terkait dengan bangunan tersebut.

6. Arsitektur Sikh

Arsitektur Sikh telah mendapatkan popularitas luar biasa di seluruh dunia. Dan Arsitektur Sikh diidentifikasikan dengan kerumitan brilian, progresif, keindahan luar biasa, dan garis-garis mengalir yang menakjubkan.

Ini adalah bentuk arsitektur tertentu yang telah berkontribusi pada evolusi modernisme dan gaya progresif dalam arsitektur India. Arsitektur Sikh yang indah adalah tentang kurva yang menarik dan garis lurus; yang membuatnya tampak luar biasa dan berbeda dari gaya arsitektur lainnya

7. Arsitektur Vesara

Gaya arsitektur Vesara telah menemukan akarnya di negara bagian Karnataka selama periode abad pertengahan. Gaya ini merupakan kombinasi dari gaya arsitektur Dravida dan Nagara.

Dalam gaya ini, ketinggian tingkatan individu dikurangi tanpa mempengaruhi jumlah sebenarnya. Ini mengurangi ketinggian total arsitektur candi.

8. Arsitektur Gua

Arsitektur gua di India dimulai pada abad ketiga SM. Biksu Jain dan Buddha menggunakan bangunan ini sebagai rumah dan tempat beribadah mereka.

Beberapa contoh gaya arsitektur ini adalah Chaityas dan Wihara Buddha. Gua telah tercermin dalam tiga agama berbeda; Hindu, Budha, dan Jainisme.

9. Arsitektur Batu Potong

Struktur potongan batu di India memproyeksikan karya seni India kuno yang paling mengesankan. Arsitektur potongan batu adalah seni membuat struktur dengan mengukirnya dari satu batu tunggal yang kokoh dan alami.

Sebagian besar bangunan batu di India terkait dengan berbagai komunitas agama yang berbeda. India memiliki lebih dari 1.500 bangunan batu potong yang terkenal, dan sejumlah dari bangunan ini adalah karya seni yang telah mendapatkan kepentingan global, dihiasi dengan ukiran batu yang indah.

Mahakarya yang menunjukkan Keragaman dalam Arsitektur India

India, salah satu peradaban tertua di planet ini, dengan sejarah budaya paling beragam dan dihuni oleh berbagai ras, agama, dan bahasa adalah tambang emas untuk studi evolusi arsitektur sepanjang sejarah. Setiap transisi atau penyertaan budaya baru telah menciptakan dampak pada arsitektur dan seni India.

Orang dapat dengan mudah melihat gaya arsitektur berbeda yang tercermin pada bangunan-bangunan di seluruh negeri. Perkembangan unik dalam mengasimilasi berbagai macam budaya memungkinkan kita untuk mempelajari bagaimana masyarakat yang begitu beragam telah berevolusi.

Dalam kata-kata Mark Twain, “Sejauh yang saya bisa menilai, tidak ada yang tertinggal, baik oleh manusia maupun alam, untuk membuat India menjadi negara paling luar biasa yang di kunjungi matahari dalam perjalanannya. Sepertinya tidak ada yang di lupakan, tidak ada yang terlewatkan. ”

Artikel ini hanyalah upaya kecil untuk menampilkan keragaman yang telah di berkati arsitektur India. Berikut ini adalah sepuluh mahakarya arsitektur paling ikonik namun benar-benar independen dan berbeda dengan gaya arsitekturnya masing-masing.

Gaya-gaya ini telah berkembang sesuai dengan kondisi geologi, kecenderungan budaya, serta kemajuan teknologi di jamannya masing-masing.

1. Taj Mahal

Taj Mahal tidak di ragukan lagi, salah satu karya arsitektur paling mengesankan tidak hanya di India tetapi juga di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, ini telah menjadi wajah arsitektur India bagi orang-orang di seluruh dunia.

Di bangun pada 1653 atas perintah penguasa Mughal Shahjahan sebagai tempat peristirahatan untuk ratu tercinta Mumtaj Mahal, itu adalah simbol cinta. Di anggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur Mughal, bangunan marmer putih terdiri dari alas persegi yang memiliki struktur pusat dengan kubah besar dan di kelilingi oleh empat menara di setiap sudutnya.

Itu di anggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia di era modern. Ini menarik sekitar 3 juta wisatawan setiap tahun sehingga menjadi jagoan bagi pengunjung secara global. Situs web online Taj Mahal adalah salah satu situs bersejarah yang menawarkan tur virtual online gratis.

2. Kuil Teratai

Ini adalah salah satu bangunan modern yang muncul belakangan ini dan telah berhasil mencapai status dan ketenaran yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. Di konsep dalam bentuk bunga Teratai, ini adalah Rumah Ibadah Bahai’i yang terbuka untuk semua agama dan melambangkan sekularisme dan keterbukaan negara.

Di desain oleh arsitek Iran Fariborz Sahba, strukturnya terdiri dari 27 kelopak yang di sejajarkan dalam kelompok tiga sehingga membentuk pinggiran melingkar yang selaras dengan kepercayaan ritualistik komunitas Baha’i Perkembangan Gaya Arsitektur India.